Home/Artikel/UKM GO-Online

UKM GO-Online

Siapkah UKM Anda Go-Online ?

Di zaman yang serba menggunakan teknologi seperti saat ini, terkadang banyak pengusaha yang mempertanyakan mengapa UKM harus masuk dalam ranah online. Banyak UKM yang cukup puas dengan pendapatan yang didapatkan melalui toko offline, dan tidak memperluas cakupan pasar mereka kedalam pasar online. Hal ini terbukti dari persentase pengusaha UKM yang memiliki website di Indonesia yang hanya mencapai angka 16%, sedangkan sisanya bergerak dengan toko offline. Hal ini membuktikan bahwa meskipun pertumbuhan UKM di Indonesia cukup meningnkat, namun belum semuanya melek teknologi. Karena itu, ada banyak produk-produk Indonesia yang tidak dikenal karena tidak tersinergi dalam pasar yang lebih luas.

Ada banyak alasan mengapa pengusaha enggan untuk memasukkan produknya kedalam ranah online. Mulai dari kesulitan untuk memahami cara kerja teknologi dalam berbisnis, hingga tidak mengerti bagaimana cara mempromosikan dan menggaet konsumen. Serta, ada beberapa pertimbangan resiko yang ditakutkan malah akan membuat bisnis bangkrut, seperti penipuan online dan lain sebagainya. Padahal, bila digunakan dengan tepat dan benar, maka UKM yang memutuskan untuk membuka toko online bisa meraih omzet yang berkali lipat. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus mulai membuka toko UKM online sebelum terlambat :

  1. Target Pasar yang Tidak Terbatas

Tahukah Anda bahwa lebih dari 54% dari jumlah total populasi di Indonesia merupakan pengguna Internet aktif ? Itu artinya, lebih dari 140 juta jiwa masuk kedalam ranah online setiap harinya. Bayangkan berapa jumlah orang yang bisa Anda jaring menjadi target pasar dari produk yang Anda hasilkan ? Tentunya banyak sekali. Kelompok anak-anak, remaja, dewasa muda, hingga orang tua kini semua belajar untuk menggunakan kecanggihan Internet untuk memenuhi kebutuhan mereka. Karena itu, sebagai pebisnis UKM Anda tidak boleh melewatkan kesempatan ini. Dengan tingginya pengguna Internet di Indonesia, Anda bisa memasarkan produk Anda kepada masyarakat yang lebih luas.

  1. Promosi Selama 24 Jam Penuh

Ini adalah salah satu keunnggulan yang ditawarkan oleh teknologi. Bila Anda memutuskan untuk memasukkan produk Anda kedalam ranah online, maka Anda bisa mengiklankan produk dan membuka toko selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Setiap waktu, setiap hari, tanpa ada jam operasional tertentu. Tentunya hal ini akan memaksimalkan promosi produk Anda bukan ? Baik karyawan, anak sekolah sampai ibu rumah tangga, semuanya bisa memiliki kesempatan untuk melihat produk yang Anda tawarkan kapanpun mereka mau, di sela-sela waktu luang yang mereka miliki. Anda bisa mengatur promosi yang ingin Anda lakukan, serta memasukkan chat-bot untuk menjawab pertanyaan sederhana. Sehingga, Anda bisa menerima pesanan produk UKM Anda kapanpun, meskipun Anda tidak sedang online.

  1. Menyelamatkan Budget Anda

Memutuskan untuk Go-Online berarti memutuskan untuk menyelamatkan budget usaha Anda. Dalam membangun bisnis secara online, Anda tidak memerlukan biaya yang besar untuk membangun gedung untuk pabrik atau kantor, Anda bisa meminimalisir budget untuk mencetak selebaran yang akan Anda bagikan dalam rangka mempromosikan usaha Anda, hal ini terhitung jauh lebih murah dibandingkan dengan promosi konvensional. Dengan memiliki website, Anda bisa mulai menjual produk Anda dengan modal minimal. Anda bahkan bisa memantau prpoduk mana yang paling banyak dilihat oleh target pasar, sehingga Anda bisa mengetahui produk mana yang harus Anda produksi lebih banyak.

  1. Membangun Profesionalitas

Membuat bisnis Anda berjalan dalam ranah online akan membangun kreibilitas dan profesionalitas usaha yang sedang Anda jalankan. Target pasar yang ingin melihat dan mengenal produk Anda lebih dalam lagi bisa mengakses website yang Anda miliki. Baik produk yang Anda jual bersifat tradisional seperti jamu, atau batik modern yang kini banyak digandrungi oleh kaum milenial, sebaiknya Anda memiliki website sebagai sumber informasi yang lengkap mengenai produk Anda. Bukan hanya mempromosikan produk, namun kehadiran usaha Anda secara online juga bisa menjadi wadah untuk membagikan cerita mengenai latar belakang produk, bahan yang digunakan, inspirasi dari penciptaan produk yang dihasilkan dan lain sebagainya. Sehingga, lebih dari sekdar bisnis, Anda akan membangun hubungan yang terasa lebih personal namun tetap profesional dengan target pasar.

  1. Memperluas kesempatan untuk Bertemu Mitra Baru

Selain kesempatan untuk memasarkan produk kepada target pasar yang lebih luas, dengan membangun UKM Anda secara online, Anda juga bisa bertemu dengan mitra bisnis baru yang bisa Anda ajak untuk berkolaborasi. Misalnya Anda menjalankan bisnis batik modern didaerah Pekalongan, maka Anda bisa bekerjasama dengan Perkumpulan Mahasiswa di Belanda yang ingin mengadakan acara “Indonesian Night”. Anda bisa menawarkan koleksi batik modern yang Anda miliki untuk digunakan oleh mahasiswa Indonesia disana. Begitupun dengan mitra-mitra lain yang memungkinkan untuk bekerjasama. Dengan memiliki website, maka mitra Anda bisa dengan mudah merancang kerjasama yang sesuai dengan produk yang Anda hasilkan.

  1. Biaya Perawatan yang Rendah

Coba sebutkan biaya apa saja yang harus Anda pikirkan ketika membuka bisnis offline ? Bila Anda membuka kantor, maka Anda perlu memikirkan biaya sewa gedung, biaya listrik dan air bersih, iuran keamanan, makan siang karyawan dan lain sebagainya. Namun dalam bisnis yang Anda jalankan secara online, maka Anda tidak perlu lagi repot-repot memikirkan itiu semua. Satu-satunya hal yang harus Anda pikirkan hanyalah mengenai perpanjangan website setiap tahunnya. Setelah itu, Anda bisa kembali memasarkan produk Anda secara online. Pokoknya, no ribet deh !

Membangun bisnis online memang tidak menjanjikan keuntungan yang akan langsung Anda dapatkan dalam waktu sehari atau dua hari. Tidak ada bisnis yang instan, semuanya butuh kerja keras. Namun, bila ada sarana yang bisa membuat bisnis kita berjalan dengan lebih efisien , mengapa tidak ? Dengan memutuskan UKM Anda untuk Go-Online, bukan hanya efisiensi yang akan Anda dapatkan, namun juga target pasar yang lebih luas. Bukan hal ya`ng mustahil bila dalam jangka panjang Anda akan memiliki pelanggan-pelanggan yang tidak hanya berasal dari Indonesia, namun dari luar negeri. Lalu, bagaimana caranya membuka usaha Anda secara online ? Tenang, serahkan saja pada ahlinya ! Kami akan membuatkan website yang bisa menjawab kebutuhan usaha Anda. Dengan desain yang sangat sesuai dengan produk yang Anda pasarkan, kami akan memberikan website yang akan menarik mata lebih banyak pengunjung.

Jadi siap Go-Online ? Konsultasikan usaha UKM online Anda bersama kami, dan siap-siap untuk mendulang keuntungan lebih banyak lagi.

By | 2018-09-13T08:54:27+00:00 September 13th, 2018|Artikel|Comments Off on UKM GO-Online

About the Author: