Home/Artikel/Bagaimana Cara Memulai Promosi Online untuk UKM ?

Bagaimana Cara Memulai Promosi Online untuk UKM ?

Sudah menentukan bisnis online apa yang akan Anda jalankan untuk mendulang penghasilan tambahan ? Ini saatnya menentukan media promosi yang tepat ! Promosikan usaha Anda secara offline dan online. Untuk offline, Anda bisa mulai mengikuti bazzar yang biasanya diadakan di event Car Free Day atau bazzar lainnya. Dengan mengikuti bazzar atau acara offline lainnya, Anda akan membangun brand awareness ditengah segmen pasar tertentu. Misal Anda mengikuti kegiatan bazzar di kota Tegal selama setahun lebih, maka akhirnya produk Anda akan diketahui oleh masyarakat, meskipun bisnis Anda terhitung bisnis kecil maupun menengah. Promosi secara offline ini penting untuk dilakukan, namun memiliki satu kelemahan, yaitu waktunya yang tidak terus menerus ada. Anda tidak bisa mempromosikan produk anda dalam bazzaar setiap hari. Selain tidak banyak event bazzar yang diadakan di hari biasa, keterbatasan modal juga menghalangi Anda untuk ikut bazzar setiap hari kalau memang ada. Karena itu untuk membuat produk Anda bisa dipromosikan setiap hari, setiap waktu, Anda bisa melakukan promosi secara online.

Melakukan promosi online secara konsisten serta tersegmen kedalam kelompok pasar yang tepat akan membuat produk Anda dilihat dan dibeli oleh calon pembeli yang tepat setiap hari, setiap waktu. Berbeda seperti promosi offline yang hanya bisa dilakukan pada waktu-waktu tertentu saja. Contohnya bila Anda menjual pembalut herbal, tentu saja segmen pasar Anda adalah wanita, yang berusia 18-35 tahun dan tinggal di kota besar. Kelompok ini merupakan wanita yang masih dalam masa subur atau belum menopause. Apakah kategori ini bisa diatur dalam platform media sosial ? Tentu saja bisa, Anda hanya perlu membiarkan sistem bekerja untuk Anda. Anda bisa mengatur platform mana yang akan gunakan, segmen pasar yang akan dituju, hingga materi promosi dan kata kunci yang akan memancing pembeli. Semuanya bisa dilakukan oleh sistem secara online. lalu, bagaimana caranya ?

Anda bisa membuat website yang terhubung langsung dengan media sosial yang Anda miliki. Apa bedanya memiliki web dan media sosial untuk produk Anda ? Konten yang disajikan tentu akan berbeda. Instagram contohnya, dengan fiturnya sebagai platform berbagai foto dan video tentunya akan lebih mudah digunakan sebagai katalog produk. Twitter dengan karakteristiknya yang hanya mengizinkan penggunanya untuk menposting kurang dari 150 kata per tweetnya cocok untuk mengabarkan flash news mengenai produk Anda. Misalkan Anda akan mengadakan promo diskon dalam jam-jam tertentu, atau memberikan tips dan fakta singkat mengenai produk Anda. Twitter cocok digunakan untuk informasi yang singkat dan ringan. Sedangkan Facebook, merupakan platform yang mencakup beberapa fitur yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan. Anda bisa memasukkan gambar sebagai katalog produk, Anda bisa membuat grup sesuai dengan keperluan Anda, misalnya grup reseller atau grup pelanggan yang akan memudahkan Anda untuk melakukan follow up ulang terhadap konsumen yang sudah pernah membeli. Tersedia juga fitu chat, bahkan live video yang memungkinkan Anda untuk mempromosikan produk secara langsung dalam ranah online. Hal ini akan membuat pelanggan semakin yakin degan kualitas produk yang Anda jual.

Selain platform media sosial, media web juga penting untuk menunjang promosi usaha Anda. Media sosial meskipun memiliki berbagai fitur yang menarik, tidak bisa menampilkan informasi mengenai produk Anda secara utuh. Apalagi kini algoritma yang ada dalam sistem media sosial semakin menyulitkan produk kita agar tampak dalam segmen pasar yang diinginnkan, karena koten yang ada tidak lagi berdasarkan lini waktu yang berurutan namun sesuai dengan interest dari masing-masing pengguna. Sehingga timeline pengguna yang satu mungkin saja akan berbeda dengan timeline pengguna yang lain. Sehingga meskipun kita sudah memiliki pengikut yang tersegmen di media sosial, namun belum tentu produk yang kita unggah ke media sosial terlihat oleh mereka setiap harinya. Hal ini tentu akan membuat promosi usaha kita berjalan secara tidak eektif dan maksimal.

Untuk itu, web bisa menjadi alternatif untuk melakukan promosi usaha. Dalam web yang dibuat, kita dapat memasukkan segala informasi yang ingin kita bagikan kepada pasar dan calon pembeli. Mulai dari info katalog, info diskon, info reseller, info cabang usaha di kota-kota lain dan lain sebagainya. Anda juga bisa menggunakan promosi dalam search engine sehingga dengan kata kunci tertentu produk Anda bisa muncul di mesin pencarian seperti Google. Contohnya bila Anda memiliki usaha keripik sayur, maka Anda bisa memasukkan kata kunci diet sehat, camilan sehat, camilan non-gluten dan lain sebagainya sehingga produk Anda tidak hanya terlihat bila masyarakat ingin mencari keripik sayur saja, namun juga akan nampak ketika mereka mencari informasi seputar gaya hidup dan makanan sehat. Anda yang menentukan sendiri,, kata kunci apa yang sesuai dan bisa memancing calon pembeli untuk melihat produk Anda.

Namun, bagaimana cara membuat web yang menarik bagi usaha Anda ? Tenang, serahkan saja pada ahlinya ! Mulai dari Rp 2.500.000,- saja pertahun Anda sudah bisa mendapatkan website Anda sendiri. Ini berarti, per bulannya Anda hanya perlu mengeluarkan kurang lebih Rp 210.000 untuk melakukan promosi via web. Tidak sampai Rp 10.000 per-harinya ! Murah bukan ? Untuk paket Rp 2.500.000,- per tahun ini, Anda akan mendapatkan domain web selama 1 tahun yang berisi hosting 1 GB. Didalamnya Anda bisa mendapatkan berbagai fitur seperti slider, Anda juga bisa memasukkan video, kontak, serta maps menuju lokasi usaha Anda. Anda bisa memilih 1 dari 3 desain yang diberikan.

Ingin tampilan web Anda lebih friendly dengan calon pembeli ? Anda bisa meng-upgrade web Anda dengan paket Rp 3.500.000,- di tahun pertama dan Rp 1.000.000,- atau Rp 1.500.000,- untuk perpanjangan ditahun berikutnya. Dalam web ini Anda akan mendapatkan fitur tambahan seperti 1 akun email, penginteegrasian pembayaran melalui PayPal dan Kartu Kredit, serta tampilan standar toko online seperti stocking, kupon diskon, notifikasi melalui email dan lain sebagainya.

Untuk Anda yang ingin memasukkan kata kunci untuk memancing lebih banyak orang yang melihat produk Anda, maka Anda bisa memilih paket Rp 1.000.000,- atau Rp 1.500.000,- per bulan. Cukup dengan 30.000,- sampai 50.000,- perhari, Anda bisa memasarkan produk dengan lebih tersegmen sesuai dengan kata kunci yang Anda gunakan. Untuk paket ini, Anda bisa mengintegrasikan salah satu media sosial yang Anda miliki dengan website usaha. Tidak hanya itu, Anda juga akan mendapatkan 2 buah konten yang disesuaikan dengan produk dan kata kunci Anda, yang akan diunggah setiap minggunya. Fitur pemantauan spam, manajemen iklan serta laporan kemajuan bisnis secara bulanan membuat paket ini akan mempercepat promosi bisnis Anda kepada segmen pasar yang dipilih secara lebih efektif dan efisien.

Tidak perlu repot-repot melakukan promosi disana-sini, biarkan teknologi yang bekerja untuk Anda. Dengan fitur media sosial, website, serta kata kunci yang tepat maka bisnis Anda akan diketahui dan dibeli oleh masyarakat dalam waktu yang singkat. Rahasianya, jangan pernah berhenti untuk menggunakan peluang sekecil mungkin untuk melakukan promosi dan membangun brand awareness dalam segmen pasar tertentu, baik secara offline maupun online. Jadi, siap untuk menerima lebih banyak calon pembeli ? Konsultasikan kebutuhan website Anda sekarang, karena kami siap membantu 🙂

By | 2018-08-29T10:50:59+00:00 August 10th, 2018|Artikel|Comments Off on Bagaimana Cara Memulai Promosi Online untuk UKM ?

About the Author: