Jualan di Instagram bukan lagi menjadi hal yang aneh jika terdengar di telinga kita saat ini. Bukan hanya digunakan untuk membagikan gambar saja melainkan instagram kini menjelma menjadi media yang bisa digunakan untuk bisnis.

Peluang memang akan selalu datang kapan saja tanpa dugaan. Social media seperti instagram saat ini bukan hanya digunakan untuk berbagi informasi saja melainkan juga digunakan untuk berbisnis. Hal ini didukung dengan dikeluarkannya fitur akun bisnis yang disediakan oleh pihak instagram.

Ini diikuti dengan data yang menyebutkan jika Indonesia menjadi urutan ke-4 di benua Asia yang paling banyak menggunakan instagram. Disusul juga dengan data bahwa 45% pengguna instagram di Indonesia adalah seorang pembeli aktif.

Jadi sudah siap untuk jualan di Instagram? Ikuti cara mudah ini!

1. Buat akun bisnis

Jadi pastikan Anda sudah membuat akun untuk bisnis di instagram. Karena kini instagram sudah memberikan kemudahan bagi brand untuk memasarkan produknya di platform mereka. Dengan begitu Anda akan lebih mudah menggunakan fitur lainnya seperti label tag pada produk dan verifikasi akun bisnis Anda.

2. Tentukan target

Jika sudah memiliki akun bisnis pastikan juga siapa yang akan menjadi target Anda di instagram yang sesuai dengan produk yang Anda tawarkan. Selanjutnya untuk menjaring lebih banyak audience pastikan juga Anda memiliki target followers di setiap bulannya pada akun bisnis tersebut. Guna nya adalah untuk melihat bagaimana insight produk Anda di instagram.

3. Management content

Setelah menentukan target baiknya segera lakukan management content untuk materi yang akan di upload di instagram. Pemilihan design, color palette sampai pemilihan template harus menjadi hal yang diperhatikan disini. Karena tampilan adalah hal yang utama dan pertama kali dilihat oleh followers nantinya. Jadi berikan kesan pertama yang memikat.

4. Berikan kualitas upload yang baik

Maksudnya adalah foto atau video yang di upload harus baik dari segi pengambilan dan bisa mewakilkan apa yang ingin disampaikan melalui tampilan visual. Jangan sampai produk tampilan dari produk yang ingin Anda pasarkan tidak menjual.

5. Berikan keterangan

Jangan lupa untuk memberikan setiap keterangan pada produk yang di upload. Pastikan selalu ada nama produk, harga, kontak yang bisa dihubungi dan ketersediaan produk tersebut.

6. Gunakan hashtag dan tag yang sesuai

Hastag akan membantu postingan Anda muncul di eksplore instagram agar lebih banyak lagi yang bisa melihat produk tersebut. Pastikan gunakan hastag yang sesuai dengan produk Anda yaa. Misalnya produk pakaian atau fashion gunakan lah hastag seperti #outfitoftheday #fashion #fashionstyle dsbnya

7. Promosi di ig

Tidak ada salahnya melakukan promosi di instagram untuk bisa menjangkau lebih banyak target audience Anda. Tetapi tentukan juga apa tujuannya, apakah ingin meningkatkan penjualan atau hanya sekedar brand awareness saja.

8. Lakukan paid promote/endorse

Ingin lebih spesifik lagi menjangkau audience Anda coba lakukan cara endorse dengan selebgram atau influencer yang memiliki spesifikasi sesuai dengan karakter produk atau bisnis Anda.

9. Campaign

Banyak cakupan yang masuk kedalam campaign ini. Misalnya saja potongan harga atau kuis dan giveaway produk. Karena audience senang jika mendapatkan reward seperti ini.

10. Evaluasi

Tahapan sudah selesai lakukan evaluasi lihat mana saja konten yang sesuai dan baik untuk dipertahankan dan mendiskusikan langkah selanjutnya.

Jadi bagaimana Anda sudah siap untuk jualan di instagram belum?